Kata Mutiara

Hikmah adalah barang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ditemukan, maka ambillah.

(HR Tirmidzi)

02 April 2009

Melatih di Papua, Dikunjungi Langitan

Perpustakaan Sidogiri: Melatih di Papua, Dikunjungi Langitan


Perpustakaan Sidogiri, Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) Pasuruan, rupanya telah menjadi contoh perpustakaan keagamaan di tanah air.


Sebagai tindak lanjut dari studi banding sebelumnya, Himpunan Masyarakat Muslim (HMM) PT Freeport Indonesia Papua meminta agar PPS mengirim pustakawan Perpustakaan Sidogiri untuk memberikan pelatihan dan instalasi software LASer (Library Automation Service) di perpustakaan Masjid Darussa’adah, masjid terbesar di Tembagapura, Mimika, Papua.


PPS mengutus dua pustakawan ke sana, yaitu Ust Syamsu-l Arifyn Munawwir (Kepala Perpustakaan) dan Ust Bahrullah Shodiq (TI Perpustakaan). Mereka memberikan pelatihan ilmu kepustakaan selama sepekan (09-15/02/30).

Pelatihan dilaksanakan dua sesi perhari. Materi yang diberikan adalah klasifikasi dan katalogisasi koleksi, manajemen pengelolaan perpustakaan, tips dan trik menarik pengunjung, dan penerapan sistem operasional dan pelayanan LASer.


Sebelum memberi pelatihan di Papua, Perpustakaan Sidogiri juga memberikan pelatihan pada 5 orang pengelola perpustakaan PP Assunniyah, Kencong, Jember. Pelatihan ini diselenggarakan di Perpustakaan Sidogiri dengan materi serupa selama 5 hari (03-06/02).


Menurut Kepala Perpustakaan Sidogiri, pelatihan semacam ini dapat dilakukan lagi sesuai kebutuhan. Tempatnya bisa di PPS atau di perpustakaan instansi manapun yang membutuhkan.


Kemudian pada Selasa (13/03), Perpustakaan Sidogiri mendapat kunjungan studi banding dari PP Langitan, Tuban. Pesantren besar ini tertarik dengan kemajuan Perpustakaan Sidogiri. Rombongan 15 orang yang dipimpin Ust Sya’roni, kepala Perpustakaan Langitan, itu ditemui oleh Kepala Perpustakaan Sidogiri dan dua petugas. Rombongan pustakawan dan wartawan Langitan itu juga mengadakan pertemuan dengan Ketua I Ust H Mahmud Ali Zain.

(Rofik Anwari)

Sumber: Buletin SIDOGIRI edisi 38/Tahun IV/Rabius Tsani 1430 dan www.sidogiri.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar