Kata Mutiara

Hikmah adalah barang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ditemukan, maka ambillah.

(HR Tirmidzi)

31 Mei 2012

Unas PASIM Masuk Universitas Terbaik di Indonesia versi Lembaga Rangking Dunia

http://www3.pasim.ac.id/images/ranking.jpg 
Salah satu lembaga perangkingan perguruan tinggi dunia, 4 International Colleges & Universities (4ICU) merilis update terbaru Rangking Perguruan Tinggi Terbaik Dunia 2012 di situsnya www.4icu.org pada 7 Januari 2012 lalu.

Ada 11.000 perguruan tinggi di seluruh dunia yang dihimpun dan dirangking. Papan atas didominasi oleh perguruan tinggi di Amerika. Rangking pertama diperoleh Massachusetts Institute of Technology dan rangking ke-2 Stanford University, sedangkan Harvard University di posisi ke-3.

Sedangkan perguruan tinggi di Indonesia yang diperingkat ada 318. Rangking tertinggi diduduki oleh ITB, kedua UI, dan UGM di peringkat ke-3.

Berikutnya Universitas Nasional PASIM Bandung yang pada tahun sebelumnya tidak masuk daftar, kini mendapat peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia ke-202. Sedangkan di level provinsi Jawa Barat, Universitas Nasional PASIM menjadi perguruan tinggi terbaik ke-32 dan perguruan tinggi terbaik di Bandung ke-15.

Pihak yayasan dan rektorat Unas PASIM menyambut baik hasil rangking dari lembaga perangkingan perguruan tinggi dunia ini, mengingat usia Unas PASIM yang relatif masih muda. "Ini kabar baik. Universitas Nasional PASIM yang baru berdiri pada 2006 bisa mendapat rangking 202 se-Indonesia tentu patut disyukuri," kata Pembina Yayasan Unas PASIM Rinalwan Buchari, MBA, MIS/DUT pada rapat pimpinan Rabu (29/2/12) di Ruang Meeting Graha PASIM.

Selain 4ICU, lembaga perangkingan dunia lainnya yang merilis peringkat perguruan tinggi di Indonesia adalah Webometrics. Ada 20.372 perguruan tinggi di dunia yang dirangking oleh lembaga riset terbesar di Spanyol ini, dan sebanyak 352 perguruan tinggi dari Indonesia masuk dalam daftar.

Dalam update terbaru Januari 2012 versi Webometrics yang dirilis di situs www.webometrics.info, Universitas Nasional PASIM mendapat peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia ke-195.

Sedangkan di level dunia, Unas PASIM mendapat peringkat perguruan tinggi terbaik ke-13.221 versi Webometrics, dan perguruan tinggi terbaik di dunia ke-9947 versi 4ICU. Sebagai universitas swasta yang belum berumur 10 tahun dan sebelumnya tidak masuk daftar perguruan tinggi terbaik, tentu peringkat ini patut diapreasiasi. (sam) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar