Kata Mutiara

Hikmah adalah barang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ditemukan, maka ambillah.

(HR Tirmidzi)

04 Juli 2012

MALAM NISFU SYA'BAN, JANGAN SIA-SIAKAN




Malam ini malam istimewa, Nisfu Sya'ban, tanggal 15 Sya'ban 1433 H. Banyak Hadis yg menjelaskan keutamaan bulan Sya'ban dan malam Nisfu Sya'ban, baik yg shahih maupun yg dhaif, sehingga para ulama berbagai mazhab menganjurkan banyak beribadah pada Nisfu Sya'ban.

Seperti sabda Rasulullah saw:

1. Dari Aisyah ra beliau berkata, "Rasulullah saw berpuasa hingga kita mengatakan tidak pernah tidak puasa, dan beliau berbuka (tidak puasa) hingga kita mengatakan tidak puasa. Tapi aku tidak pernah melihat beliau menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan aku tidak pernah melihat beliau memperbanyak puasa selain bulan Ramadhan kecuali pada bulan Sya'ban."
(HR Bukhari)

2. “Sesungguhnya Allah melihat pada malam Nisfu Sya’ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”
(HR Ibn Majah, ath-Thabrani)

3. "Malam ini adalah malam Nisfu Sya'ban, Allah mengawasi hambanya pada malam ini, maka Ia memaafkan mereka yang meminta ampunan, memberi kasih sayang (rahmat) mereka yang meminta kasih sayang, dan menyingkirkan orang-orang yang dengki."
(HR Baihaqi)

4. “Jika malam Nisfu Sya’ban, maka salatlah pada malamnya dan puasalah pada siangnya. Karena sesungguhnya rahmat Allah turun ke langit dunia saat terbenamnya matahari, lalu Allah menyeru, ‘Siapa orang yang beristighfar kepada-Ku, maka akan Aku ampuni. Siapa yang meminta rejeki, maka Aku akan memberikan rejeki. Siapa yang sakit, maka akan Aku sembuhkan. Siapa yang begini, siapa yang begini…' dan seterusnya, hingga terbit fajar.”
(HR Ibnu Majah, Baihaqi)

Bagi yang mampu dan mau keutamaan Nisfu Sya'ban, jangan sia-siakan kesempatan setahun sekali ini. Silakan baca Yasin dan doa Nisfu Sya'ban ba'da Magrib, memperbanyak ibadah dan doa pada malamnya, dan puasa pada paginya. Semoga catatan amal kita menjadi baik, amal ibadah kita diterima, dan doa-doa kita dikabulkan. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar