Kata Mutiara

Hikmah adalah barang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ditemukan, maka ambillah.

(HR Tirmidzi)

15 Maret 2015

Ayo Berlibur ke Perpustakaan Kota Yogyakarta

Oleh: M. Syamsul Arifin, S.Psi | Syamsul Arifin Munawwir
Mahasiswa Pascasarjana FPSB UII

Berlibur ke tempat wisata alam, wisata kuliner, atau wisata belanja sudah biasa. Di Yogyakarta, ada tempat liburan alternatif dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan, yaitu Perpustakaan Kota Yogyakarta. Letak Perpustakaan ini strategis, di Jl. Suroto No. 9 Kotabaru Yogyakarta, sekitar 200 meter dari kantor harian Tribun Jogja dan Toko Buku Gramedia.
Berbeda dengan perpustakaan lain yang tutup pada hari Minggu, Perpustakaan Kota Yogyakarta tetap membuka layanan di hari Minggu. Hal ini menarik perhatian para pencinta buku. Di saat mereka kehilangan kesempatan membaca di perpustakaan lainnya pada hari Minggu, mereka bisa tetap datang dan membaca di perpustakaan ini.
Jangan mengira di hari Minggu Perpustakaan ini sepi pengunjung. Di hari libur week end Perpustakaan ini tetap laris manis, dipenuhi pemustaka (sebutan pengunjung perpustakaan) dari berbagai latar belakang dan usia. Misalnya hari Minggu (22/02), tampak pemustaka dari kalangan pelajar, mahasiswa, dewasa dan anak-anak asyik masyuk membaca.
Perpustakaan ini memang beda. Kalau biasanya perpustakaan identik dengan pemustaka dari kalangan orang dewasa, ternyata Perpustakaan Kota Yogyakarta juga disukai anak-anak usia TK dan SD. Lantai dua yang salah satu bagiannya penuh bacaan anak-anak menjadi tempat favorit mereka.
Perpustakaan Kota Yogyakarta.
Di dalam gedung Perpustakaan berlantai dua, tersedia 50 kursi di lantai bawah dan 25 kursi di lantai atas. Di lantai atas juga disediakan tempat duduk lesehan bagi yang menyukai membaca sambil lesehan dan disediakan pula layanan internet dengan lima kursi meja dan komputer.
Uniknya, selain menyediakan tempat di dalam gedung, Perpustakaan Kota Yogyakarta juga menyediakan meja dan kursi dilengkapi free wifi di halaman, untuk pengunjung yang hendak browsing atau membaca di tempat terbuka. Tersedia gazebo dan shelter dengan 54 tempat duduk untuk memanjakan pengunjung di halaman perpustakaan yang asri ini.
Layanan free wifi itu bernama TAMARA (Taman Masyarakat Sambung Rasa), yang bisa dinikmati dari pukul 08.00 pagi sampai tengah malam pukul 24.00 wib. Tak heran perpustakaan ini juga menjadi tempat nongkrong muda-mudi sambil belajar bersama atau sekedar berselancar di dunia maya.
Layanan Tamara diresmikan oleh Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyuti, pada 16 Januari 2014 lalu. Layanan ini didukung akses internet sebesar 7 MBPS, yang sangat signifikan untuk penelusuran informasi.
Bagi pengunjung yang hendak meminjam buku untuk dibawa ke rumah, syarat peminjamannya mudah. Pertama, menjadi anggota perpustakaan dan kedua meninggalkan kartu identitas sesuai dengan tingkat pendidikannya. Bagi pelajar SMP, SMA, dan sederajat, peminjaman buku menggunakan Kartu Pelajar/Kartu Identitas Anak (KIA). Untuk mahasiswa, memakai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau KTP. Masyarakat umum yang hendak meminjam, meninggalkan KTP atau kartu identitas lain. Sedangkan anak-anak Pra TK, TK, dan SD, bisa meminjam buku dengan KTP orangtua/wali atau kartu identitas lain yang masih berlaku.
Perpustakaan Kota Yogyakarta buka setiap hari. Untuk layanan baca dan pinjam, Senin pukul 15.30 hingga 20.00. Selasa, Rabu, dan Kamis, pukul 8.00 hingga 20.00. Sedangkan Jumat hingga Minggu, pukul 09.00 sampai 20.00. Setelah layanan baca tutup, pengunjung masih bisa menikmati layanan Tamara hingga pukul 24.00. (*)

      Dimuat di harian Tribun Jogja, Rabu 25 Februari 2015, dengan judul "Ayo Berlibur ke Perpustakaan Kota".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar