Kata Mutiara

Hikmah adalah barang hilang milik orang yang beriman. Di mana saja ditemukan, maka ambillah.

(HR Tirmidzi)

02 Januari 2017

Psikologi Islam dan Orang Pesantren

"Orang pesantren itu sudah mapan dalam bidang keislaman, dan sangat pas untuk mendalami psikologi islami dalam jenjang pendidikan selanjutnya. Sehingga saat mendalami psikologi, ia juga dapat merenungi dan membandingkan secara langsung teori psikologi dengan pandangan-pandangan al-Qur`an." 

 ~ Prof. Djamaludin Ancok, Ph.D, Dewan Pakar Asosiasi Psikologi Islam (API) & Mantan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta 

 *****

  Pada 27-28 Februari 2015 lalu telah diselenggarakan Konferensi Nasional Psikologi Islam NCIP-IIUCP di Yogyakarta. Yaitu The 1st National Conference on Islamic Psychology (NCIP) dan The 1st Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP), yang dilaksanakan di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta. 

 Hadir sebagai keynote speaker Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Anies Baswedan, Ph.D, serta narasumber-narasumber ahli seperti Prof. Dr. Mahfud MD, Dr. H. Fuad Nashori, Dr. Subandi, Prof. Suhartono Taat Putra, dan H. Sus Budiharto, MSi, Psikolog. 

 Dalam konferensi nasional ini, ratusan peneliti dari berbagai daerah hadir dan mempresentasikan hasil penelitian dan pemikirannya dalam psikologi Islam. Selain itu, juga dipilih naskah penelitian dan pemikiran psikologi Islam yang terbaik. 


 Adapun juara pertama penelitian psikologi Islam adalah Uswatun Hasanah dan Sri Nurul Milla dari IIUM Malaysia, juara kedua Ahmad Yasser Mansyur dari UNM Makassar, dan juara ketiga Andhita Dyorita dari UII Yogyakarta. 

 Sedangkan juara pertama pemikiran psikologi Islam adalah M. Syamsul Arifin yang dikenal dengan nama pena Syamsul Arifin Munawwir dari UII Yogyakarta, lulusan dari Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan. Kemudian juara kedua Ros Mayasari dari IAIN Sultan Qaimuddin Kendari, dan juara ketiga Dito Aryo Prabowo dari UI Jakarta. 

*****

Foto: Dokumentasi Konferensi Nasional Psikologi Islam NCIP-IIUCP di Yogyakarta, 27-28 Februari 2015 . Dari kiri ke kanan: Juara I penelitian psikologi Islam Sri Nurul Milla dari IIUM Malaysia, juara II Ahmad Yasser Mansyur dari UNM Makassar, juara III Andhita Dyorita dari UII Yogyakarta. Kemudian juara I pemikiran psikologi Islam M Syamsul Arifin Munawwir dari UII Yogyakarta, juara II Ros Mayasari dari IAIN Sultan Qaimuddin Kendari, juara III Dito Aryo Prabowo dari UI Jakarta, dan Ketua Panitia NCIP-IIUCP Bu Resnia Novitasari, S.Psi., M.A. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar